Dosen Penentu Nasib

September 06, 2017

"Ketika siswa menyukai gurunya,
ketika itu pula mereka menyukai mata pelajarannya."



Di semester 3 ini, gue punya strategi baru dalam mengambil tindakan.

Oke pertama, gue cerita tentang kriteria dosen yang gue suka.
Gue paling suka dosen yang punya banyak ilmu tapi ngga segan-segan kasih ke semua orang, ngga bertele-tele, baik dalam segi sifat, sikap, dan yang paling paling paling gue suka ya baik dalam segi ngasih nilai. Mungkin ngga cuma gue doang yang suka kriteria dosen kaya gini, mungkin semua mahasiswa di dunia juga pengen. Apalagi poin yang terkahir. Iya gak sih?

Tapi, masalahnya 100 : 20 dosen yang punya kriteria sempurna kaya gitu. Hal yang terpenting sih dia itu 'well ahead of you, but not evil behind you.' Gue pernah nih ngalamin hal kek gini. Dan itu rasanya sakit gak berdarah gitu.


This is my 3rd KRS semester.

Oke kedua, I want to share my story when I was in the 2nd semester.
Waktu itu gue ngisi KRS (Kartu Rencana Studi) buat semester 2. Because this is my first time gue ngisi KRS, jadi gue ngga tau kalo dosen itu berpengaruh banget sama nilai gue nanti. Dulu, yang paling gue incer itu kelasnya. Gue ngga mau capek nyari kelas A di mana, B di mana, C di mana, jadi gue tentuin aja gue pilih kelas C lagi, sama kaya di semester 1. Bodo amat dosennya siapa, yang penting gue stay di kelas yang sama. Nah, ternyata itu adalah gerbang gue dalam mendekati masalah. Haha. Ngga juga deng. Lebay.



Tapi, dengan begitu gue bisa ambil hikmahnya, guys. Gue jadi tau mana dosen yang harus didekati dan mana yang harus dijauhi. Dan mungkin gue kurang belajar juga jadi nilai gue kurang. Walaupun gue ngga suka dosennya, gue berusaha tetep suka matkulnya, apalagi matkul wajib. Karena itu udah jadi tanggung jawab mahasiswa. Ini dijadiin pengalaman aja, biar nanti lu kalo jadi dosen atau guru punya strategi gimana jadi pengajar yang kalo lu ngga masuk ngajar siswa lu bakal bilang, "yah kenapa gak masuk?" (dengan nada beneran sedih, bukan sedih muka doang tapi tangannya mengepal bilang dalem hati 'yes yes' hmmm) (pengalaman banget kayanya).


Oke ketiga, gue mau pamit cerita. Panjang banget ya cerita gue kali ini. Hehehe...

Salam dari saya,



Avita Nurfadillah

You Might Also Like

0 komentar

Label

Translate